Michael Leonardo

Hai Sahabat Brainy! Kementerian Agama (Kemenag) ngajak kita semua buat ikutan gerakan seru nih, namanya Hari Sejuta Kiblat. Kerennya lagi, ada hadiah total Rp 20 juta buat yang beruntung! Catat ya, acaranya digelar sore ini, Senin, 27 Mei 2024.

Gerakan ini sendiri diadakan bertepatan sama momen rashdul qiblah atau istiwa a'zam, yaitu saat di mana posisi Matahari tepat berada di atas Kabah. Nah, momen ini pas banget buat kita memastikan lagi arah kiblat di rumah udah bener atau belum.

Tenang aja, buat ikutan ngelurusin kiblat nggak perlu jadi ahli kok, Sahabat Brainy! Kita bisa ngelakuinnya dengan cara yang simpel banget.

Cara Ikutan Hari Sejuta Kiblat dan Raih Hadiahnya!

Serunya lagi, selain bisa ngecek arah kiblat, kita juga bisa ikutan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) lho! Caranya gampang banget:

  1. Daftar Online: Langsung aja klik tautan pendaftaran ini ya: [hapus tautan]
  2. Isi Formulir: Isi data diri kamu dengan lengkap.
  3. Follow Akun Instagram: Jangan lupa follow akun Instagram @bimasislam_ dan @harisejutakiblat.
  4. Upload Foto: Tepat pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA, foto keseruan kamu saat ngukur atau ngelurusin arah kiblat.
  5. Tulis Caption Menarik: Kasih caption semenarik mungkin dan sertakan tagar #harisejutakiblat dan #bimasislam. Jangan lupa tag dan mention juga akun @harisejutakiblat.

Gampang banget kan, Sahabat Brainy? Semua kalangan bisa ikutan lho, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, sampai masyarakat umum.

Cara Mudah Meluruskan Arah Kiblat di Rumah

Nah, sebelum ikutan acaranya, yuk siapin dulu peralatannya:

  • Tongkat lurus atau benda tegak lainnya (misalnya, spidol papan tulis, botol plastik, atau botol minum).
  • Benang dan bandul (opsional).
  • Jam yang udah dikalibrasi.

Udah siap semua? Yuk, ikuti langkah-langkahnya:

  1. Cari Tempat Terbuka: Tentukan tempat yang mau dicek arah kiblatnya, pastikan tempatnya rata dan kena sinar matahari langsung ya.
  2. Tancapkan Tongkat: Tancapkan tongkat atau benda tegak lainnya di atas permukaan tanah, pastikan posisinya tegak lurus ya. Kamu juga bisa menggantungkan benang berbandul sebagai alternatif.
  3. Tunggu Waktu istiwa a'zam: Tunggu sampai waktu istiwa a'zam tiba.
  4. Amati Bayangan: Saat waktu istiwa a'zam tiba, amati bayangan tongkat atau benang.
  5. Tandai Arah Kiblat: Tandai ujung bayangan dan tarik garis lurus dari titik pusat tongkat/bandul ke ujung bayangan. Nah, garis lurus itulah yang menunjukkan arah kiblat.

Cara ikut Hari Sejuta Kiblat Kemenag dengan mengunggah foto meluruskan arah kiblat saat Matahari tepat berada di atas Kabah pada 27 Mei 2024 sore.

Yuk, Sahabat Brainy, kita ramaikan Hari Sejuta Kiblat dan pastikan arah kiblat kita sudah tepat. Siapa tahu kamu jadi salah satu dari 60 orang yang beruntung mendapatkan hadiah dari Kemenag!

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka