Michael Leonardo

Hai sahabat Brainy! 👋 Kabar kurang menyenangkan nih, BMKG baru aja ngeluarin peringatan soal potensi kekeringan yang bakal melanda sebagian besar wilayah Indonesia mulai Juni sampai November 2024. Waduh, kok bisa gitu ya?

Ternyata, hal ini berkaitan sama fenomena hari tanpa hujan alias kemarau yang diprediksi bakal panjang banget di beberapa daerah. Nah, Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sebagian Sulawesi Selatan, kabarnya bakal ngalamin hari tanpa hujan super lama, bisa sampai 31-60 hari lho! 😨

Bayangin deh, daerah Kebun Benih Kalinyamatan di Jawa Tengah aja udah ngalamin hari tanpa hujan selama 41 hari! Gokil, kan?

Prediksi curah hujan sangat rendah pada Juni-November 2024

Eh tapi tenang dulu, meskipun El Nino alias fenomena menghangatnya suhu muka laut di Samudera Pasifik lagi terjadi, BMKG bilang sih nggak separah tahun-tahun sebelumnya. Malah, El Nino diprediksi bakal digantiin sama La Nina yang levelnya lebih lemah mulai Juli 2024.

Walaupun La Nina nggak terlalu berpengaruh sama musim kemarau tahun ini, tapi kita tetep harus waspada ya!

Nah, biar lebih jelas, yuk kita intip bareng-bareng daftar wilayah yang punya potensi kekeringan di tahun 2024!

Wilayah Rawan Kekeringan di Indonesia Tahun 2024

1. Juni - Juli 2024 (Kategori Rendah - Menengah):

  • Sebagian Lampung
  • Banten
  • Jakarta
  • Jawa Barat
  • Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jawa Timur
  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  • Sulawesi Selatan bagian selatan
  • Papua bagian selatan

2. Agustus - September 2024 (Kategori Rendah - Menengah):

  • Sebagian Sumatera Selatan
  • Sebagian Lampung
  • Banten
  • Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jawa Timur
  • Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  • Sebagian kecil Kalimantan Selatan
  • Sulawesi Selatan bagian selatan
  • Sulawesi Tenggara bagian selatan
  • Sebagian Maluku
  • Papua bagian selatan

3. Oktober 2024 (Kategori Menengah - Tinggi):

  • Lampung
  • Jawa Barat bagian utara
  • Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Sebagian Jawa Tengah
  • Sebagian Jawa Timur
  • Sebagian Bali
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  • Sebagian Sulawesi Selatan
  • Sebagian Sulawesi Tenggara
  • Sebagian Maluku
  • Papua bagian selatan

4. November 2024 (Kategori Menengah - Tinggi):

  • Jawa Timur (Pulau Madura)
  • Nusa Tenggara Timur
  • Sebagian Papua

Nah, buat sahabat Brainy yang berdomisili di wilayah-wilayah tersebut, yuk mulai dari sekarang kita sama-sama bijak menggunakan air. Jangan lupa juga buat siapin diri menghadapi musim kemarau tahun ini ya! 😉

Referensi Tambahan:

Login untuk menambahkan komentar
Klik tombol Google dibawah ini untuk masuk sebagai user

Tambahkan Komentar

Kamu mungkin juga suka